HTML/JavaScript

2019 CARA mendaftarkan BLOG ke Bing dan Google webmaster tool

Cara mendaftarkan blog ke Bing dan google webmaster tool: lengkap agar blog cepat diindex serta dikenali mesin pencari - Ada banyak sekali mesin pencari yg relatif terkenal waktu ini, diantaranya merupakan mesin pencari google serta bing, sebenarnya seiring menggunakan berjalannya ketika, artikel yang kita terbitkan dalam akhirnya akan diindex serta dikenali sang mesin pencari terutama search enggine google dan bing, namun buat lebih memastikan artikel yang kita buat terindex menggunakan lebih cepat, galat satu caranya kita wajib mendaftarkan blog yang kita miliki ke mesin pencari, serta sekaligus mensubmit peta situs yang masih ada dalam blog, sehingga artikel blog akan gampang buat dindex serta dikenali.
 Untuk ketika ini google serta bing menyajikan sebuah tool yang dapat membantu memfasilitasi webmaster supaya blognya gampang ditemukan mesin pencari, syaratnya adalah melalukan pendaftaran blog ke kedua tool tersebut dan submit peta situs blog didalamnya, peta situs pada umumnya berisi daftar link-link url yg terdapat dalam sebuah blog atau situs, menggunakan mensubmit peta situs di mesin pencari maka mesin pencari akan lebih gampang buat menelusuri struktur blog anda secara holistik dan menemukan url-url blog anda buat pada index kedalam basis data mereka dengan cepat, sebagai akibatnya blog anda akan gampang dikenal dan ditemukan pada halaman mesin pencari.
Selain dipakai buat submit peta situs, kegunaan lain berdasarkan webmaster tool adalah dapat membantu para webmaster buat memonitor interaksi robot mesin pencari menggunakan laman blog yg mereka miliki,  sehingga para webmaster akan sangat gampang mengetahui aneka macam kabar hasil penelusuran robot mesin pencari buat mereka analisa serta buat dijadikan surat keterangan guna menaikkan kinerja blog mereka di mata mesin pencari.

A.cara mendaftarkan blog ke Bing webmaster tool

Pada artikel sebelumnya saya telah pernah membahas bagaimana cara menerima kode verifikasi google webmaster tool, dalam artikel kali ini aku akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool, bing webmaster tool adalah tool yg disediakan oleh microsoft yang dapat membantu para webmaster buat menciptakan blog atau situsnya gampang dikenali dan ditemukan sang mesin pencari bing.

Langkah-Langkah Mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tool

Untuk  mendaftarkan  blog ke bing webmaster tool syaratnya sangat gampang, yaitu kita  harus memiliki keliru satu alamat email hotmail atau alamat email outlok, misalnya halnya google, dengan mempunyai keliru satu alamat email tersebut kita bisa memakai setiap layanan online menurut microsoft tanpa harus melakukan pendaftaran ulang, apabila anda belum memiliki alamat email hotmail atau outlok, pribadi saja lakukan registrasi bing, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Masuk ke alamat situs //www.bing.com/toolbox/webmaster, kemudian cari serta tekan link atau tombol bertuliskan "Sign Up with Microsoft account".
Cara daftar blog ke bing dan google webmaster tool

2. Anda akan tersaji form input registrasi, lihat gambar dibawah ini, silahkan anda lengkapi data yang diminta, lalu cari serta tekan tombol "Create Account" berada di paling bawah laman.
Buat Email outlook,hotmail dan daftar Bing Webmaster tool

3. Jika pendaftaran berhasil anda akan eksklusif masuk ke page primer bing webmaster tool, misalnya gambar berikut:
Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool terbaru

Silahkan submit alamat blog atau situs anda, Masukan alamat url blog dalam No1, lalu tekan tombol "ADD" seperti terlihat dalam gambar no 2 diatas.
4. Jika tahap3 diatas berhasil, Anda akan tersaji form input buat melengkapi frofil situs Anda, adapun data yang harus dilengkapi  mencakup:
  • URL, berisi url blog atau situs anda
  • Add site map, silahkan masukan peta situs blog anda, buat blogspot, peta situs terletak pada nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml
  • First Name, Last Name, isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Email, diisi dengan email hotmail atau email outlock anda
  • Job role, Isi dengan pekerjaan anda (opsional: boleh diisi boleh  nir)
  • Company Organization Name serta Company Organization Size, isi menggunakan nama perusahaan anda atau silahkan isi sembarang.
  • Industry, pilih jenis perusahaan (Opsional)
  • Contact phone, isi menggunakan no telepon (Opsional)
  • State/Province dan Zip postalcode, diisi denan nama provinsi tempate tinggal serta kode pos.
  • Country region, diisi menggunakan nama negara tempat tinggal
  • Centang pilihan Im An Agency not site owner, bila anda bukan pemilik situs 
  • Biarkan pilihan yg lainnya apa adanya, serta tekan tombol save buat menyimpannya.
 5. Tahap berikutnya, Anda akan tersaji page buat menerima kode perifikasi bing webmaster tool buat ditempel pada blog anda. Lihat gambar berikut:
Cara%2Bmendapatkan%2Bkode%2Bverifikasi%2Bbing%2Bwebmaster%2Btool.png

Silakkan kopi kode seperti yang ditunjukan oleh no 1. diatas, Masuk pada kode template blog anda, lalu letakan kode pembuktian tersebut tepat diatas kode , jangan lupa simpan template blog Anda.
6. Setelah kode pembuktian berhasil ditempel pada template blog anda, silahkan pulang ke laman bing webmaster tool, kemudian silakan tekan tombol "VERIFY" seperti diperlihatkan dalam no 2 diatas. "
"Tips: Tombol Verifikasi wajib anda tekan sesudah kode verifikasi kita tempel di template blog kita"
 Sampai tahap 6 diatas berarti anda telah sukses mengintegrasikan blog anda dengan bing webmastertool. Selanjutnya anda wajib melakukan submit peta situs menurut blog anda ke bing webmaster tool, gunanya merupakan buat membantu robot bing mengenali struktur url situs anda.

Cara Submit Sitemap pada bing webmaster tool

 Untuk melakukan submit, caranya sangat mudah, apabila anda belum masuk laman bing webmaster tool, silahkan masuk terlebih dahulu, akan tampil seperti gambar dibawah ini:
Cara%2Bsubmit%2Bsitemap%2Bdi%2Bbing%2Bwebmaster%2Btool.png

1. Pada bilah pilihan menu sisi kiri, pilih pilihan menu "Configure My Site" lalu pilih submenu "Sitemap", seperti yg ditunjukan sang no 1 diatas.
2. Masukan alamat sitemap anda dalam kotak no 2 diatas, spesifik buat blogspot sitemap terletak pada //nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml,
3. Apabila tahap diatas selesai, tekan tombol "SUBMIT". Buat menyimpan peta situs pada bing webmaster tool.
Seiring perkembangan blog serta semakin bertambahnya artikel, sitemap harus diresubmit ulang agar url-url yang terdapat didalam peta situs bisa dikenali menggunakan cepat.

B. Cara Mendaftarkan blog ke google webmaster tool

Google webmaster tool adalah sebuah tool berdasarkan google yg dapat membantu para webmaster supaya blog atau situsnya gampang dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari google, buat mendaftarkan blog ke google webmaster tool syaratnya merupakan kita diharuskan mempunyai email google, jika anda kebetulan belum mempunyai email google, silahkan buat email google terlebih dahulu.

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google webmaster tool

1. Masuk ke halaman registrasi google webmaster tool, lalu cari serta tekan tombol "Sign In to Webmaster Tools". Silahkan login menggunakan gunakan email dan password google anda.
2. Submit alamat blog atau situs anda, lihat gambar dibawah ini:
Cara submit blog ke google webmaster tool

Masukan alamat url anda dalam kotak no 1, lalu tekan tombol "ADD SITE"
3.  Berikutnya, pilih alternate method (lihat no 1 gambar dibawah), lalu pilih HTML Tag, lalu copykan kode verifikasi google webmaster tool (lihat no dua gambar dibawah), kini masuk ke akun blogspot anda, serta letakan kode verifikasi tersebut pada kode template blog anda, letakan diatas kode , lalu simpan template.
Cara%2Bmendapatkan%2Bkode%2Bverifikasi%2Bgoogle%2Bwebmaster%2Btool.png

Jika kode verifikasi telah diletakan didalam template blog, silahkan balik ke laman google webmaster tool, dan tekan tombol "VERIFY" misalnya yg ditujukan no 3 pada gambar.
"Tips: Tombol verifikasi harus anda tekan saat kode verifikasi sudah selesai diletakan pada template blog anda"
Sampai tahap 3 diatas berarti anda telah berhasil mengintegrasikan blog yg anda miliki dengan google webmaster tool, tahap berikutnya adalah anda diharuskan mensubmit peta situs atau alamat situs ke google webmaster tool, agar robot google mudah menelusuri setiap bagian situs anda.

Cara Submit Site Map pada Google Webmaster Tool

Setelah anda berhasil mengintegrasikan blog anda dengan google webmaster tool, yang harus anda lakukan selanjutnya merupakan mensubmit peta situs atau sitemap blog anda ke google webmaster tool, buat mensubmit petas situs pada google webmaster tool langkahnya merupakan sebagai berikut:
1. Masuk ke page Akun webmaster tool Anda, silahkan pakai email serta password google yang anda daftarkan
2. Setelah masuk, pilih salah satu blog anda pada daftar, dalam bilah menu sisi kiri pilih pilihan menu Crawl, lalu pilih submenu sitemaps.
3. Cari serta tekan tombol ADD/TEST SITEMAP, kemudian masukan sitemap blog anda, khusu untuk blogspot, peta situs terletak di //nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml, anda cukup memasukan sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan, seperti gambar dibawah ini:
Cara submit peta situs di google webmaster tool

Kemudian tekan tombol Submit sitemap, silahkan refresh blog anda buat melihat hasilnya
"Tips: seiring menggunakan bertambahnya artikel postingan, anda wajib selalu me resubmit peta situs atau sitemap pada google webmaster tool, agar setiap artikel baru yang  anda terbitkan cepat dikenali sang mesin pencari google"

Demikian apa yang bisa saya bagikan buat anda tentang Cara mendaftarkan blog ke Bing serta Google webmaster tool terbaru, semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel