HTML/JavaScript

2019 Panduan Cara Mengirim File Word Excel pdf foto dll melalui Email Gmail YMail

Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email - Mengirim email sebenarnya bukanlah masalah yang sulit, sangat mudah sekali terutama buat anda yang seringkali sekali berkiprah pada dunia online, namun buat anda yg jarang sekali berinteraksi dengan internet apalagi anda sahih-sahih baru pertama kali menggunakan internet tentu akan mengalami kesulitan ketika diminta buat mengirimkan email.
Kesulitan mengirim pesan via email pernah saya alami, itu dulu pada waktu pertama kali masuk perkuliahan, lantaran pada waktu itu saya masih gaptek sama sekali belum mengenal internet, jangankan internet personal komputer pun baru pertama kali menyentuh, ditambah lagi  jaringan internet dalam ketika itu sangat mahal serta lambat nir seperti kini ,sehingga niat buat internetan pun acapkali sekali urung.
panduan mengirim file dokumen word, excel, pdf dll melalui email

Untuk mengirim email langkah-langkahnya sangat mudah sekali, namun sebelum anda bisa mengirim email, anda wajib mempunyai alamat email terlebih dahulu, jika anda belum mempunyai alamat email sebaiknya anda membuatnya terlebih dahulu memakai layanan email gratisan.
Ada poly sekali layanan email gratisan buat membuat email, beberapa yang paling terkenal antara lain merupakan email google (gmail) dan email yahoo (ymail).
di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang langkah-langkah membuat email, karena akan terlalu panjang, jadi untuk anda yg kebetulan belum memiliki email dan ingin membuatnya anda bisa membaca artikel berikut:

Apa yang aku akan uraikan diartikel kali ini adalah tentang panduan dan langkah-langkah cara mengiri file dokumen ms word, excel, pdf melalui email, baik email yahoo maupun email google.

Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email

Untuk mengirim lampiran berupa arsip atau dokumen melalui email langkah-langkahnya adalah menjadi berikut:

1. Panduan mengirim arsip microsoft word, excel melalui email GMail

Untuk mengirim arsip atau berkas dokumen ms word atau excel melalui email Gmail langkah-langkahnya merupakan menjadi berikut:

a. Buka alamat gmail di komputer pc atau laptop anda (silahkan gunakan browser mozila firefox atau google chrome untuk membuka alamat tadi).

b. Lalu Silahkan login memakai user dan password email gmail anda.

halaman login email gmail

c. Setelah anda masuk ke page primer akun email gmail anda, silahkan tekan tombol tulis atau compose misalnya terlihat dalam gambar di bawah ini:

cara mengirim email di gmail


Maka akan keluar fasilitas buat mengirim email seperti terlihat dalam gambar pada bawah ini:
menulis-pesan-email-gmail.jpg

Untuk mengirim pesan email dan lampirannya maka silahkan isi data yang diminta:
  • Kepada :, silahkan isi menggunakan alamat email tujuan, alamat email tujuan tidak wajib alamat email gmail jadi boleh alamat email apa saja, anda sanggup mengirim ke poly alamat email dalam satu kali kirim, bila alamat email tujuan lebih daru satu setiap alamat pisahkan menggunakan titik koma.
  • Subjek:, silahkan isi dengan Judul Pesan email anda, Subjek akan kelihatan menjadi judul pesan email yg dibaca sang pemilik email tujuan.
  • Silahkan Isi pesan email di kotak pada bawah Subjek.

Jika anda ingin mengirim berkas laporan berupa dokumen microsoft word, excel, pdf, gambar atau dokumen lainnya via email gmail, maka anda harus menekan tombol attachment (icon bergambar clip / peniti) yg letaknya pada bagian bawah. Misalnya terlihat dalam gambar di bawah ini:

cara mengirim berkas / file ms word, excel pdf melalui email google.


Dengan menekan tombol attachement tadi, maka akan muncul obrolan open yang  akan meminta anda buat menentukan arsip atau dokumen yang ingin anda kirimkan.

kirim file atau berkas word excel pdf gambar via email gmail


Silahkan cari serta arahkan ke file atau dokumen ms word atau ms excel yg ingin anda kirim via email, lalu tekan tombol open, arsip yang dipilih akan diupload sang gmail serta siap buat dikirimkan melalui email.

Jika isi pesan dan berkas dokumen laporan sudah diattach ke email anda, maka selanjutnya silahkan tekan tombol Kirim. Maka email pun akan dikirim ke alamat email tujuan.


2. Cara Mengirim Dokumen MS Word atau Excel melalui Email Yahoo (YMail)

Untuk mengirim berkas laporan atau dokeumen ms word atau excel melalui email yahoo, sebenarnya tidak jauh tidak sama menggunakan cara mengirim email lewat email google pada atas, langkah-langkahnya merupakan sebagai berikut:

1. Buka alamat email yahoo di komputer pc atau laptop anda (silahkan pakai browser mozila atau google chrome)

2. Lalu silahkan login memakai alamat email serta password email yahoo anda.

halaman login ke email yahoo (ymail)

3. Setelah masuk selanjutnya silahkan tekan gambar surat bertuliskan email yang letaknya dipojok kanan atas

masuk-email-yahoo.jpg

4. Selanjutnya selesainya anda masuk ke akun email anda, silahkan tekan tombol Tulis / Compose buat mulai menciptakan pesan email.


cara menulis pesan email di email yahoo


Akan tampil misalnya gambar pada bawah ini:

mengirim pesan email dan berkas dokumen di email yahoo / ymail

TAmpilannya lebih kurang relative sama dengan fasilitas pengiriman email pada email gmail, silahkan isi data yg diminta:
  • Kepada :, silahkan isi menggunakan alamat email tujuan, alamat email tujuan tidak wajib alamat email gmail jadi boleh alamat email apa saja, anda sanggup mengirim ke poly alamat email dalam satu kali kirim, bila alamat email tujuan lebih daru satu setiap alamat pisahkan menggunakan titik koma.
  • Subjek:, silahkan isi dengan Judul Pesan email anda, Subjek akan kelihatan menjadi judul pesan email yg dibaca sang pemilik email tujuan.
  • Tulis Sesuatu, silahkan tulis pesan email 

Untuk mengirim berkas arsip atau dokumen ms word, excel atau gambar, selanjutnya silahkan tekan tombol  attach (bergambar clip / peniti)

cara mengirim berkas file dokumen via email yahoo

Anda akan diminta buat menentukan file yg akan diupload, silahkan nanti pilih arsip yg akan anda upload.

5. Selanjutnya tombol Kirim, buat mengirim email yang dilengkapi menggunakan berkas file atau dokumen laporan ms excel atau word.

Kesimpulan
Mengirim email sebenarnya sangat gampang, apalagi waktu ini sudah terdapat email versi mobile, sebagai akibatnya pengiriman email sanggup dilakukan dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.

Saat ini pengiriman email bukan hanya sanggup dilakukan melalui personal komputer , namun mampu pula dilakukan melalui perangkat mobile seperti hp atau smartphone.

Langkahnya pun tidak jauh berbeda ketika anda mengirim pesan dokumen berkas atau arsip melalui email.

Demikian artikel sederhana mengenai Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel