HTML/JavaScript

Bagaimana Mengatur URL SEO Friendly Pada Wordpress 2019

Mengatur URL SEO Friendly Pada Wordpress

Bagaimana Mengatur URL SEO Friendly Pada Wordpress? Kali ini saya akan mulai pembahasan SEO yang lebih kepada platform wordpress. Seperti telah aku tuliskan sebelumnya dalam perbandingan antara blogspot dan wordpress, bahwa SEO Onpage wordpress bisa jadi jauh lebih mudah daripada blogspot. Jadi saya akan mulai membahasnya menurut perkara pengaturan URL.

Memilih Struktur Permalink menurut URL

Hal yang pertama kali buat anda atur adalah struktur permalink. Anda bisa menemukan pengaturan permalink pada Setting → Permalink. Pada pengaturan standarnya, permalink anda akan ditampilkan misalnya berikut: ?P=. Tapi ini bukanlah sesuatu yang SEO friendly. Adalah lebih baik menggunakan contoh permalink  /judul-artikel/ atau /kategori/judul-artikel/. Jika anda memilih opsi pertama maka silahkan atur permalink artikel anda seperti berikut /%postname%/. Lihat gambar pada bawah.
struktur permalink
Untuk memasukkan kategori, silahkan pilih "custom struture" serta ubah nilainya menjadi /%category%/%postname%/. Jika sebelumnya anda anda menggunakan ?P= sebagai bentuk permalink artikel, maka wordpress akan melakukan redirect ke pengaturan baru anda. Setiap perubahan struktur permalink akan diarahkan otomatis oleh wordpress.

Memilih memakai WWW atau tidak dalam URL?

Silahkan anda pertimbangkan sendiri apakah anda ingin situs anda muncul menggunakan menggunakan www atau tidak menggunakan www. Jika anda sudah tetapkan maka dalam GENERAL SETTING (masuk ke SETTING → GENERAL) pastikan anda memasukkan bentuk yang anda inginkan. Lihat gambar...
atur url yang diinginkan

Sebaiknya anda juga mengatur setelan ini dengan tepat pada Google Webmaster Tools, saat mencoba mendaftar situs baru anda. Pastikan untuk mendaftarkan blog anda pada Google Webmater Tools dan lakukan pengaturan pada prefered domain. Cari pengaturan ini pada  Google Webmaster Tools di bagian Site Configuration → Settings → Preferred domain atau Konfigurasi → Setelan → Domain yang diinginkan. Lihat gambar pada bawah....
pengaturan prefered domain

Hindari Kata Umum pada URL

Apa yg dimaksud menggunakan kata generik? Kata umum itu seperti yang, dan, lalu, .... Tentu anda paham maksud aku . Kata misalnya ini sahih-benar sanggup mengacau pada dalam URL anda. Pastikan URL anda dikuasai oleh istilah kunci saja. Pastikan URL anda sudah benar sebelum anda menerbitkan artikel anda. Kalaupun anda sudah menerbitkan serta ternyata ingin mengubah URL, maka sebaiknya URL usang diarahkan ke URL baru.

Itu saja dulu seputar kasus pengaturan URL dalam optimisasi SEO Onpage Wordpress.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel