HTML/JavaScript

Cara Menaikkan CTR Website di SERP Google 2019

Menaikkan CTR di SERP Google

Saat anda belajar SEO anda perlu mengenal kata CTR, atau click through rate dan belajar bagaimana cara memaksimalkan CTR menurut website anda pada Google. Ini sangat penting lantaran ini mampu memaksimalkan peringkat anda sampai ke ranking 1 Google.

Apa itu CTR?

CTR atau click through rate adalah persentase jumlah klik yang mampu anda dapatkan menurut total jumlah penayangan Google pada output pencarian. Jadi kalau page web anda ditayangkan 1000 kali di suatu pencarian istilah kunci tertentu dan hanya mendapatkan 10 klik, itu berarti CTR anda 1% saja.

Alasan utama seluruh orang mau ranking 1 merupakan CTR ini. Nilai CTR menurut ranking 1 pada Google sanggup 5 kali lipat menurut ranking lima. Jika ini berbicara kasus usaha, maka itu sanggup berarti penghasilan yang 5 kali lebih besar .

Sayangnya....

Dulu ranking 1 bisa menerima rata-rata 60% klik, akan tetapi hari ini telah turun ke 50% klik. Di luar negeri bahkan sudah turun ke 30% klik....

Banyaknya iklan dan berubahnya sifat klik di pengguna mobile sebagai kambing hitam berdasarkan turunnya CTR ini. Tapi ini menjadi informasi baik buat ranking-ranking yang lebih rendah, karena CTR ini beralih ke mereka (tentunya sehabis dikurangi yg beralih ke iklan 😃 )

Riset CTR SERP Anda

Untuk memperbaiki CTR pada SERP tentu anda wajib melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi CTR ketika ini.

Langkah-langkah riset CTR buat memaksimalkan di SERP Google itu relatif sederhana:
  • Silahkan masuk ke halaman webmaster tools website anda
  • Lalu di bagian SEARCH TRAFFIC klik SEARCH ANALYTICS
  • Anda akan melihat tabel di page ini serta silahkan centang click, impression, CTR, dan position
  • Nanti akan muncul kolom-kolom tabel baru; Klik judul kolom tabel IMPRESSIONS supaya data diurutkan dari kata kunci yang penayangannya terbesar ke terkecil.
Kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini....
CTR.png

Kita mengurutkan dari impressions atau pemuatan link website kita agar kita mampu melihat istilah kunci yg potensinya paling besar serta masih bisa dimaksimalkan CLICKS-nya.

Untuk memaksimalkan CLICKS dari suatu IMPRESSIONS anda mampu melakukan dua hal, yaitu memaksimalkan POSITION (yaitu sebagai ranking 1), atau setidaknya meningkatkan CTR dengan membuat cuplikan website anda pada SERP terlihat menarik

Cara Menaikkan CTR

Dulu ada banyak sekali trik buat mempertinggi CTR waktu rich snippet masih sanggup digunakan secara luas. Tapi kini trik yang bisa dipakai cukup terbatas. Beberapa pada antaranya merupakan:
  • Membuat judul yang menarik
  • Menggunakan huruf kapital seluruh buat judul
  • Menambahkan kabar yang menarik pada meta description
Masalahnya merupakan bagaimana buat mengakibatkan imbas "menarik" menurut judul serta meta description kita yg ditampilkan pada SERP Google?

Untuk bisa menaruh elemen yg menarik di Title tag ataupun pada meta description tentu anda wajib memahami apa hot button buat artikel tersebut. Misalnya jikalau anda jualan online, maka hot buttonnya sanggup ada di harga murah, atau bonus, atau COD, dll.

Tapi jika anda nir paham bagaimana cara membuat judul yg menarik, anda mampu mencoba mencari iklan-iklan online di adwords dan facebook ads, untuk melihat bagaimana cara mereka menambahkan istilah-kata yang menjual pada judulnya.

Hanya saja jangan lupa buat meletakkan istilah kunci utama di bagian depan judul, agar SEO tidak menjadi rusak hanya lantaran anda berusaha menaikkan CTR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel